Fenomena Gunung Fuji Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Banyak teman-teman yang berada di Jepang menjadikan syarat wajib mendaki gunung Fuji supaya afdol pernah tinggal di Jepang. Biasanya mendaki gunung Fuji dilakukan pada musim panas antara bulan Juli -Agustus. Saya sendiri juga pernah mendaki gunung Fuji meskipun tidak mendapatkan pemandangan bagus saat di puncak gunung. Saat itu cuaca sangat tidak mendukung. Sesaat setelah mencapai puncak, badai datang dengan sangat hebatnya.

Tapi ya sudahlah, itu menjadi pengalaman saja. Akhirnya sudah kapok tidak mau lagi mendaki gunung karena sangat berat dan capek sekali. 


Sejak saat itu saya baru sadar kalau benar kata orang jepang kalau gunung Fuji memang lebih canti dan indah kalau dinikmati dari jauh. Mungkin masih banyak yang belum tahu beberapa pemandangan unik yang menjadi fenomena gunung Fuji yang sangat menarik untuk diketahui. 

Sebelumnya sedikit informasi mengenai gunung Fuji itu sendiri ya. Gunung Fuji terletak di antara Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah Barat Tokyo. Lokasi dari Shizuoka dan Yamanashi ini ada di wilayah Chubu (Pulau Honshu). Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (Timur), Fuji-Yoshida (Utara), dan Fujinomiya (Barat daya). Fujisan ini adalah gunung terbesar di Jepang yang memiliki tinggi 3.776 m. Waw! Itu artinya, gunung ini lebih tinggi daripada Gunung Semeru (3.676 m).


Gunung Fuji adalah gunung keabadian atau orang Jepang menyebutnya Fuji san (san berarti gunung, khusus untuk menyebut gunung Fuji) merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi. Ketinggian gunung Fuji adalah 3.776 M. Gunung ini adalah simbol bagi negara Jepang selain bunga sakura.

Nah fenomena seperti apa yang langka bisa dilihat pada gunung Fuji? Klik pada halaman berikutnya.

DIAMOND FUJI

Diamond Fuji adalah salah satu fenomena yang bisa kita lihat pada gunung Fuji. Diamond Fuji dapat terlihat dari Danau Yamanakako ketika matahari terbenam di belakang Gunung Fuji yang tampak bersinar bak berlian dengan berbagai warna senja. Pemandangan ini dapat dinikmati di sepanjang pertengahan Oktober sampai akhir Februari, sehingga wisata ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka datang belakangan. Pemandangan ini dapat dinikmati di seluruh area Danau Yamanakako. Waktu dan tempat yang sesuai ada di situs tertaut.


Beberapa penambakan fenomena Diamond Fuji ini bisa kita lihat pada beberapa foto berikut ini.
Japanese Station
Tokyo Cheapo
influential.jp

FUJI NO KASAGUMO (富士の笠雲)

Fenoma gunung Fuji ini menampakkan sekumpulan awan yang berada di atas gung Fuji yang membentuk awan yang tidak seperti biasanya. Bentuk awannya menyerupai 笠(かさ)atau mirip seperti caping. 

Sehingga kalau dilihat dari jauh, gunung Fuji seperti sedang mengenakan caping. Dan pada beberapa penampakan fenomena ini, awan yang terbentuk berlapis-lapis sehingga menampakkan pemandangan yang sangat indah.

Penampakan fenomena gunung Fuji ini bisa dilihat pada beberapa foto berikut ini.
Yahoo!ブログ - Yahoo! JAPAN
Yahoo!ブログ - Yahoo! JAPAN

AOKIGAHARA

Aokigahara (青木ヶ原 Aokigaharaadalah hutan yang terletak di sebelah Barat Laut Gunung Fuji, membentang dari kota Kawaguchiko hingga desa Narizawa, Prefektur Yamanashi. Aokigahara disebut juga "hutan lautan pohon" dan "lautan pohon gunung Fuji". Disebut demikian karena jika angin meniup pepohonan di sana terlihat seperti keadaan ombak di laut. Usia hutan ini diperkirakan sekitar 1200 tahun. Hutan ini dikenal sebagai tempat bunuh diri populer di Jepang.

Tribun Travel - Tribunnews.com
Hutan tersebut dilaporkan sebagai tempat bunuh diri yang paling populer di seluruh Jepang dan masuk peringkat dua di dunia sebagai destinasi bunuh diri setelah Jembatan Golden Gate di San Francisco. Angka kasus bunuh diri bervariasi, namun dari yang sejauh ini didokumentasikan sejak tahun 1988, sekurang-kurangnya ada 100 peristiwa bunuh diri terjadi tiap tahun di sana.


Berbeda dengan kawasan-kawasan hutan wisata lain yang sering dikunjungi orang-orang, di pintu masuk Aokigahara akan ditemui papan besar yang berisi nasihat-nasihat dan kalimat persuasif untuk membatalkan niat bunuh diri. Jepang, menurut data WHO, adalah salah satu di antara sepuluh negara yang warganya gemar memilih bunuh diri. Tradisi itu bahkan ada sejak era keshogunan. (sumber : id.wikipedia.or)

Sekian.

Post a Comment

8 Comments