Masih Bingung Mau Masuk LPK SO atau LPK Penyangga?

Bagi kamu yang masih pemula dan belum pernah ikut pelatihan bahasa jepang, biasanya bingung harus belajar bahasa jepang dimana. Mau belajar mandiri terkendala kurang bisa memahami kalau tidak ada yang mengajari. Sehingga pilihan kamu adalah masuk ke lembaga yang menyediakan pelatihan bahasa jepang dengan sistem pendidikan yang sudah tersusun baik.

Hanya saja Lembaga Pelatihan Kerja atau LPK ada banyak macamnya. Terutama berkaitan dengan keberangkatan ke Jepang dalam rangka bekerja atau magang. Nah berikut ini ada beberapa jenis LPK dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. LPK SO

LKP dengan izin SO atau Sending Organization adalah LPK dengan wewenang mengirimkan peserta magang ke Jepang berikut proses pelaksanaan pengurusan dokumennya. 

Kelebihan dari LPK SO ini adalah proses dokumen bisa dilaksanakan disini. Setelah peserta sudah cukup pembelajaran bahasa jepang dasar, biasanya akan diikutkan tes wawancara dengan pihak perusahaan yang ada di Jepang. Setelah lolos maka proses pemberkasan bisa segera dilaksanakan di LPK ini.

Kekurangannya, biasanya persaingan ketat dan ada juga LPK SO yang minim job sehingga terkadang siswa tetap diarahkan ke LPK SO lain yang ada job magang.

Bahkan LPK SO yang banyak job biasanya akan kekurangan siswa dan lebih memilih untuk bermitra dengan LPK Penyangga dimana kegiatan belajar bahasa Jepang dilaksanakan di LPK Penyangga tersebut. Dan LPK SO hanya menyediakan kelas pemantapan untuk menunggu keberangkatan. Sehingga terjadilah timbal balik yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Biaya yang dikenakan oleh LPK SO untuk pemantapan bahasa dan pemberkasan biasanya kisaran 20-50 juta.


2. LPK Penyangga

Istilah ini biasanya digunakan untuk LPK yang tidak memiliki izin SO dimana di LPK tersebut hanya boleh dilakukan kegiatan belajar dan mengajar. 

Kelebihannya , di LPK ini lebih intensif belajar bahasa jepang karena memang dipersiapkan untuk menghadapi tes wawancara yang disediakan oleh LPK SO. Selain itu, peserta juga diajarkan materi budaya dan kehidupan jepang untuk mempersiapkan mental dan fisik sebeleum berangkat ke Jepang.

Kekurangannya, biasanya LPK Penyangga jika tidak bagus dalam mengatur masuk dan keluar siswa, maka akan terjadi penumpukan siswa yang sangat banyak. Padahal siswa yang lama bahkan belum terserap di LPK SO. Sehingga akan mengakibatkan waktu menunggu peserta semakin lama.

Biaya yang dikenakan oleh LPK Penyangga ini kisaran 3-10 juta sekali program pembelajaran.

3. LKP Khusus TG

LPK ini menfokuskan kurikulum untuk mendapatkan sertifikasi bahasa JFT Basic A2 dan SSW. Dua sertifikasi ini yang digunakan untuk mendaftar JOB TG yang biasanya disedikan oleh pihak TSK di Jepang. 

Jika peserta sudah lulus dan mendapatkan sertifikasi tersebut, siswa boleh melamar di TSK yang menyediakan job secara mandiri. 

Yang perlu diperhatikan, bahwa LPK tidak ada wewenang untuk melaksanakan pengurusan dokumen untuk calon pekerja luar negeri. Pada dasarnya yang diberikan izin adalah yang sudah memiliki izin P3MI. Namun pada prakteknya LPK biasanya bekerja sama dengan pihak TSK di Jepang untuk mengurus dokumen calon pekerja secara mandiri.

Biaya yang dikenakan oleh LPK TG ini biasanya sekitar 10-20 juta. Tergantung fasilitas dan durasi pembelajaran. Biasanya untuk target lulus JFT adalah 4-6 bulan.

Mau Konsultasi Seputar Belajar Bahasa Jepang bisa chat Admin wa.me/6287835554111

Post a Comment

0 Comments