10 MAKANAN PALING MENJIJIKAN DI JEPANG

Makanan di Jepang terkenal dengan rasanya yang tidak biasa. Apalagi bagi kita orang Indonesia. Kalau pengalaman saya, makanan yang susah untuk saya coba adalah sushi dengan topping ikan mentah.

Memang sih awalnya penasaran. Tapi mau bagaimana lagi kalau lidah dan perut tidak berani menerimanya. Sehingga rasanya ingin muntah saat pertama mencoba sushi. Apalagi sashimi. Teman saya akhirnya menggoreng ikannya karena tidak berani makan langsung. hehehe.

Nah berikut ini beberapa makanan di Jepang yang aneh dan mungkin menjijikkan bagi Anda.

1. Shirako

MAKANAN ANEH DI JEPANG
Shirako dalam bentuk Sushi
Shirako sekilas seperti usus sapi. Berwarna putih dan meliuk-liuk seperti usus. Namun ternyata shirako ini berasal dari alat kelamin ikan jantan yang berisikan sperma. Teksturnya cremy dan biasanya disajikan dengan di rebus atau digoreng. Dan ternyata shirako juga digunakan untuk topping sushi. Penasaran dengan rasanya? Silakan ke restoran sushi seperti Kura Sushi, maka Sushi shirako ini biasanya akan numpang lewat di hadapan Anda.

2. Inago no tsukudani

Sekilas seperti belalang goreng yang terkenal di Gunung Kidul itu loh. Tapi mungkin jenis belalangnya berbeda. Cara masaknya pun berbeda. Seperti namanya, inago no tsukudani ini direbus menggunakan tsukudani dan bumbu-bumbu khas jepang. Makanan ini termasuk makanan populer di Jepang khususnya daerah pedesaan Nagano, Yamagata, dan Gunma.

3. Basashi

Kalau sashimi terbuat dari ikan laut segar. Nah kalau basashi ini adalah daging kuda yang diiris tipis dan disajikan seperti sashimi. Dan pastinya dalam keadaan mentah. Basashi ini terkenal di daerah seperti Kumamoto, Oita, Nagano dan daerah Tohoku. Selain disajikan seperti sashimi, daging kuda ini juga ada yang diolah menjadi es krim loh. Ewww.....penasaran dengan rasanya? saya sih enggak. hehehe.

4. Natto

Makanan aneh satu ini saya pernah coba. Harus dengan keberanian untuk memakan natto ini. Pasalnya tidak hanya rasanya yang aneh, tapi dari tektur dan aromanya saja sudah jelas tercium dan terlihat. Ya,...berlendir lengket beta-beta gitu deh. Duh kayak apa ya? Kalau mampir di supa silakan coba saja beli dan nikmati sendiri.
Natto ini terbuat dari kedelai yang difermentasi. Tidak seperti tempe. Natto lebih terlihat jelas bentuk kedelainya. Baunya juga menyengat. Dan paling menggelikan menurut saya adalah lengketnya itu. Pas diambil bisa membuat seperti jaring laba-laba. Biasanya dimakan dengan kecap asin atau soyu. Sehingga ada sedikit rasa asin yang mengurangi baunya yang kuat.

5. Fugu

Fugu merupakan salah satu jenis ikan kembung. Atau kalau dalam bahasa lokal ikan buntal. Kalau saya lihat ikan ini saya ingat dengan kartu Sponge Bob Squarepants. Yang menjadi guru menyetir spongebob kan karakter ikan ini. Kalau lagi marah maka akan mengembung.
Nah di Jepang ikan ini termasuk makanan yang khas. Padahal ada bagian dari ikan ini yang ada racun berbahaya loh. Yakni pada bagian kulit, hati dan ovariumnya. Jadi untuk mengolah ikan ini, harus ada sertifikasi koki khusus. Jadi kalau Anda belum punya sertifikasi jangan berani-berani mengolah ikan ini ya.

6. Hachi no ko

Sesuai dengan artinya, makanan ini memang terbuat dari larwa lebah (hachi=lebah; ko=anak). Hachi no ko ini merupakan cemilan dengan protein yang tinggi.
Bahkan Kaisar Hirohito menyantap makanan ini sebagai menu favoritnya. Hanya di campur dengan nasi kecap dan gula, makanan ini terasa lezat katanya. Mau coba juga makanan kaisar jepang ini?

7. Zazamushi

Makanan lain yang tersedia secara luas di Jepang baik dalam kemasan kalengan atau di restoran, adalah zazamushi (serangga yang hidup di air). Zazamushi sebenarnya bukan serangga, tapi sebuah nama yang diterapkan pada larva serangga yang hidup di dasar sungai. Serangga “Mushi” yang berada di tempat, di mana sungai membuat suara “zaazaa” ketika mengalir.

8. Kujira dan Iruka

Kujira artinya ikan paus dan Iruka adalah lumba-lumba. Meskipun di Indonesia hewan ini termasuk langka dan dilindungi, di Jepang masih digunakan sebagai konsumsi. Biasanya disajikan sebagai sashimi atau sushi. Jadi kalau mau coba silakan mumpung di jepang masih lazim dan biasa ditemui. 

9. Shiokara

Shiokara adalah makanan hasil laut yang sudah difermentasi dengan rasa yang asin dan amis

10. Shirouo no Odorigui

Shirouo adalah ikan kecil yang transparan. Odorigui artinya makan dan menari. Dan seperti artinya makanan ini dimakan tidak hanya mentah. Tapi juga dimakan hidup-hidup. Maka dari itu jika memakan makanan ini akan mendapatan sensasi menari-nari di dalam mulut. Duh ga kebayang deh rasanya kayak apa....

Nah itu tadi 10 makarna di Jepang yang tidak lazim dan menjijikan menurut saya. Kamu pernah coba yang mana nih? Kalau saya pernah mencoba natto. Dan daging rusa juga pernah. Karena daerah tempat tinggal saya di Nara banyak rusa.

Sekian.

Post a Comment

1 Comments