[DAY 1] Japan Winter Trip 2020 "Meeting Point, berkumpul dengan member lain di Bandara Soekarno hatta tengah malam"

[Japan Winter Trip Storyline]

DAY 1
Go To Meeting Point

Saya berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta menggunakan Kereta Api dari asal kota saya Klaten (harga tiket 350~500rb-an). Sebenarnya tidak begitu rekomended sih. Soalnya kalau Anda membawa bawaan yang banyak, akan sangat merepotkan. Karena harus ganti kendaraan setelah sampai di stasiun akhir Jakarta, yaitu st. Gambir. Selain itu waktu tempuh bisa sampai 8jam.

Kelebihannya, kalau Anda beruntung , bawaan dengan dua koper seberat 40kg pun masih bisa naik tanpa bayar jasa bagasi lagi. Kalau menggunakan pesawat Anda harus menambah bagasi lagi dan total sekali jalan menuju jakarta bisa 700rb-1juta (dengan bagasi 30-40kg). Kelebihannya, Anda lebih cepat sampai di Bandara. Namun perlu diketahui juga bahwa pesawat domestik tidak semua turun di terminal 3 (untul keberangkatan internasional). Jadi kalau turunnya di terminal 1 atau 2 Anda harus menuju ke terminal 3 bisa menggunakan kereta shuttle secara GRATIS. Dan disinilah saya rasa secara teknis sama-sama repotnya.

Jadi pertimbangan Anda jika berasal dari daerah, pikirkan soal waktu dan biaya menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

Sekitar pukul 16:30 saya tiba di stasiun Gambir dan melanjutkan perjalanan menuju Bandara menggunakan bus DAMRI (tiket 50rb). Dan taraaaa.....MACET.
Resiko macet ini juga harus dipertimbangkan loh. Jangan sampai karena macet kita terlambat sampai di Bandara.

Dengan bus Damri saya langsubg menuju terminal 3. Setalah tiba saya langsung menanyakan ke pusat informasi tempat konter Maskapai Garuda. Setelah menuju ke tempat konter Garuda, rombongan lainnya sudah menunggu. Sebelum check-in kami masih ada waktu beberapa jam untuk isoma.

Jadi saya sarankan datanglah minimal 4jam sebelum keberangkatan. Sehingga masih ada waktu untuk pesiapan lain atau jika ada kendala (termasuk dalam urusan bagasi)

Ada cerita tersendiri bagi saya saat tiba di Bandara Soekarno Hatta. Terlihat rombongan berbaju batik berpeci. Sebagian berpakaian jas. Saya langsung berfikir "pasti ini rombongan pemagang yang mau berangkat". Dan benar sekali, setelah saya dekati dan perhatikan, peci berhias bros bendera merah putih menjadi cirikhas pemagang dari IMM.

Mungkin mereka sekitar 100 orang lebih. Karena katanya sekali berangkat satu angkatan bisa ratusan. Meskipun di hari yang sama mereka beda pesawat dengan saya. Mungkin mereka turun di Narita sedangkan saya turun di Nagoya.

<To be continued.....>

@japan_reviews
@jp_cards_official
@waroeng_massenpai

#japan #instagram #facebook #instastory  #travel #traveling #tripjapan #japanlives #japantravel #japanphoto #fff #japantour #japantours #jalanjalan