Ini Bukan di Jepang, tapi Sungai Jernih ini di Klaten

Tempel kode iklan disini

Kalau bicara soal sungai di Indonesia, pasti banyak yang akan membayangkan pemadangan kotor, air yang hitam, bau yang tidak sedap atau air yang keruh. Tapi tidak dengan sungai yang satu ini. Yaitu "Watergong" di daerah Klaten

Tidak hanya di Jepang, sebenarnya banyak sungai-sungai jernih ada di penjuru wilayah Indonesia kita yang tercinta ini. Namun yang membuat menarik dari watergong ini adalah pemandangannya yang tidak kalah unik dengan sungai-sungai lainnya. Hingga viral di media sosial seperti instagram dan twitter.

Watergong ini terletak di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Meskipun bukan sungai alami pada umumnya (lebih semacam saluran air) , air di watergong ini mengalir dan uniknya adalah banyaknya ikan yang terdapat pada sungai ini.

Menurut penuturan pengelola watergong ini, Bagong Margono bahwa sebenarnya tempat tersebut sudah ada sejak 6 tahun silam. Namun penempatan ikan yang warna-warni itu baru sekitar 2 tahun yang lalu. Hingga akhirnya ramai dan menjadi viral di sejumlah media sosial dan media massa.

Saluran air watergong ini memiliki panjang 100 meter yang dibagi menjadi beberapa petak. Yang setiap petaknya sekitar 20 meter dengan lebar 5  meter. Pada setiap petaknya Pak Bagong menaburkan bibir ikan nila 1 ton dan bisa dipanen setelah 4 bulan menjadi 20 ton.



Di tempat ini tidak hanya bisa mengambil gambar atau sekedar menikmati liuk-liuk ikan berwarna-warni itu. Tapi pengunjung juga bisa mencicipi kuliner aneka masakan dari bahan ikan yang ada di kolam tersebut.

"Kalau hidangan restorannya tinggal ngambil ikan dari situ. Tapi karena ikannya terlalu banyak sebagian ada yang dijual." ujar Pak Bagong.

Sebelumnya Tempat ini adalah Tempat Pembuangan Sampah

Meski kini tempat tersebut terlihat indah dan menjadi viral di media sosial, ternyata sebelumnya saluran air itu menjadi tempat pembuangan sampah. Sangat kotor. Namun berkat Pak Bagong yang peduli dengan lingkungan, akhirnya disulaplah menjadi watergong yang saat ini masih menjadi sorotan.

"Yang paling berat itu mengubah pola pikir masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan", kata Pak bagong. Sehingga pak Bagong memiliki ide untuk menempatkan gerobak sampah pada setiap gang yang ada di kampung. Sehingga warga tidak bingung lagi membuang sampah dimana.

"Sekarang sungainya bersih dan banyak orang datang main kesini" imbuh Pak Bagong.

Selain watergong, masih di daerah yang sama Mina san bisa ke tempat wisata lainnya seperti Umbul Ponggok, Mata Air Cokro, Umbul Manten dan banyak lainnya.

Gimana Mina san?Tertarik mengunjungi Watergong di Klaten ini. Berikut ini link manya. 

Tempel kode iklan disini

Post a Comment

0 Comments