JOB TG | Tips Mensetsu Online (Wawancara dalam Bahasa Jepang)

Ohayo,  Mina san! Masih hunting #jobtg di Indonesia? Atau berencana melanjutkan program pemagangan di Jepang ke program #tokuteiginou ?

Pastinya sebelum diterima di perusahaan baru, kamu harus menjalani wawancara atau mensetsu dengan user atau pimpinan perusahaan kan ya? Berikut ini tips supaya wawancara berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.


Sebelum wawancara dimulai.

1. Gunakan reminder.

Jika jadwal wawancara sudah ditentukan, jangan lupa memasang alarm atau reminder. Jangan hanya satu, minimal 2. Misalnya 15 menit sebelum, dan 30 menit sebelum waktu wawancara dimulai. Menggunakan google calendar juga bisa untuk mengingatkan jadwal wawancara.

2. Persiapkan lokasi.

Pilih lokasi yang bagus jaringannya. Jika perlu, ke tempat hotspot yang jaringannya bagus. Sehingga tidak mengganggu saat wawancara berlansung. Selain itu pilih lokasi yang tidak bising. Pencahayaan yang bagus juga menambah kesan yang baik bagi user. Kalau wajah tidak bisa dilihat dengan baik, user juga tidak bisa mengenali siapa kamu dengan baik.

3. Cek aplikasi pendukung.

Jika wawancara menggunakan aplikasi pendukung misalnya zoom atau google meet pastikan kamu log in dan atau sudah terbiasa menggunakannya. Jika belum pernah sama sekali, sebaiknya latihan dulu sebelum hari H. Supaya tidak ada kendala saat masuk. 

4. Sesuaikan nama pengguna.

Karena user adalah orang jepang, maka menyesuaikan user name zoom dengan format katakana, akan memudahkan mereka membaca nama kamu pada aplikasi.


Saat wawancara berlangsung.

1. Jangan lupa menyapa dan jikoshokai.

Pastinya sudah hafal ya, bagian awal ini. Yang perlu diperhatikan saat perkenalan atau jikoushokai adalah jangan terlalu singkat dan jangan terlalu panjang . 30~60 detik sudah cukup. Tidak perlu terlalu buru-buru dalam bicara supaya tidak patah-patah. Lebih baik santai tapi suara jelas.

2. Bicara dengan jelas jangan terburu-buru.

Pastikan microphone dekat dengan mulut. Gunakan headset. Tanpa headset maka suara akan terdengar jauh dan kemungkinan kurang jelas karena noise di sekitar lokasi. Dengan headset, kamu bisa lebih fokus suara user.

Sebaiknya bicara dengan kecepatan yang standar. Daripada bicara dengan cepat supaya dinilai bagus, tapi apa yang kamu ucapkan malah belepotan. 

3. Jangan lupa senyum yang manis.

Hal sepele,tapi juga penting. Bukan ketawa juga lho ya. Dengan muka yang terlihat antusias dan tidak muram akan membuktikan bahwa kita semangat mengikutibwawancara tersebut. Seperti poin sebelumnya, pencahayaan akan menambah poin ini karena memberikan kesan yang cerah pada wajah. 

Jika kamu sudah tahu ada sesi wawancara, usahakan jangan begadang. Muka yang terlihat mengantuk akan menjadi nilai jelek.

4. Jika suara tidak terdengar jelas.

Jika gangguan sinyal dan suara tidak jelas, jangan  sungkan untuk bilang "Sumimasen, kikoemasen. Mou ichido onegaishimasu". Termasuk kalau pertanyaannya kurang paham karena user bicara terlalu cepat.

5. Jika diberi kesempatan bertanya, bertanyalah.

Kesempatan bertanya gunakan dengan baik. Minimal untuk memberikan waktu tambahan untuk kamu berkomunikasi dengan user. Jika kamu dan user komunikasinya bagus, maka akan menambah kemungkinan lolos. Tapi jika melewatkan momen ini, akan terkesan kamu tidak berminat dengan pekerjaan ini. Jadi gunakan sebaik-baiknya.


6. Jika wawancara berakhir, ucapkan salam dan terima kasih.

Ucarapan terima kasih akan menambah kesan yang baik di akhir sesi wawancara. Dan jangan lupa tetap memasang senyum yang manis tapi tidak berlebihan juga ya.hehe

Setelah wawancara selesai.

Anda bisa tanyakan kepada staff tsk kapan hasilnya akan diumumkan. Jika disuruh menunggu, silakan menunggu. Jangan sampai setiap hari ditanyakan. Jika belum ada kabar juga bisa bertanya setelah 3 hari, 1 minggu, 2 minggu. Jika 2 minggu lebih tidak ada kabar, sebaiknya kamu mencari kesempatan lain. Kepastian gagal juga perlu buat kamu untuk menentukan langkah selanjutnya.

Jika hasilnya diterima, segera mengikuti prosedur yang sudah diarahka  oleh staff. Jangan sampai menunda misalnya dalam pengumpulan dokumen dan lain-lain.

Sekian, mudah-mudahan berkenan dan bermanfaat. Ditunggu mensetsu selanjutnya!!!

Gambatte ne!

#infojobjepang bisa kamu tanyakan kepada admin di wa.me/818071237941

Job ready:

Pengolahan makanan, peternakan, pertanian, kaigo, restoran dan lain-lain.

Post a Comment

0 Comments