Mencetak Rekor! Wali Kota Termuda dalam Sejarah Jepang

Anak muda kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Baru-baru ini, seorang pemuda di Jepang berusia 26 tahun bernama Ryosuke Takashima menjadi wali kota termuda dalam sejarah Jepang. Takashima memenangkan pemilihan wali kota Ashiya, Prefektur Hyogo, Jepang pada Minggu (23/4).

Takashima baru saja menyelesaikan pendidikannya pada tahun lalu dan merupakan lulusan Universitas Harvard. Ia memdapatkan gelar sarjana teknik lingkungan. 

Ia dinobatkan sebagai wali kota termuda dalam sejarah Jepang, pada usia 26 tahun 2 bulan. Ia berhasil melampaui pada rekor sebelumnya, yakni Kotaro Shishida yang berusia 27 tahun yang terpilih sebagai wali kota Musashimurayama, Tokyo pada tahun 1994.

Sebagian besar anggota parlemen Jepang rata-rata berusia 50 hingga 70 tahun, dan 75 persen adalah pria, menurut data dari Inter-Parliamentary Union. Terpilihnya Ryosuke Takashima tentu membawa angin segar bagi negara tersebut.



"Karena masih muda, saya pikir ada kemungkinan warga akan merasa lebih dekat dengan saya. Karena saya tidak punya pengalaman dalam politik, saya bisa bertanya-tanya apa yang saya tidak mengerti, mempelajari berbagai hal, dan saya ingin merefleksikannya dalam visi saya sendiri," kata Takashima kepada wartawan, dilansir CNN International dari laman NHK.

Takashima telah mengkampanyekan perencanaan infrastruktur hijau, serta berjanji untuk menciptakan lebih banyak ruang publik dan taman, dan reformasi di bidang pendidikan, pengasuhan anak, dan perawatan kesehatan remaja.

Selain itu, kampanye Takashima di kota Ashiya di Prefektur Hyogo difokuskan untuk memberikan lebih banyak dukungan bagi keluarga muda, perawatan medis gratis untuk orang di bawah usia 18 tahun, dan program pendidikan bahasa Inggris yang lebih baik.

Takashima menerima lebih dari 45 persen suara, hampir 20 poin persentase lebih banyak dari petahana Mai Ito. Latar belakang Takashima juga membedakannya dari sesama wali kota. Takashima akan mulai menjabat sebagai wali kota Kota Ashiya di Prefektur Hyogo pada 1 Mei mendatang.

sumber : NHK. CNN

Post a Comment

0 Comments