Tes kecepatan iPhone 12 VS Galaxy Note 20 Ultra VS Pixel 5

Keempat ponsel iPhone 12 telah mengguncang dunia  pergawaian dengan chipnya Bionic 5nm A14 kelas atas yang sama,  yang hampir tidak memiliki saingan di industri saat ini. Kirin 9000 yang menggerakkan seri Mate 40 adalah satu-satunya chip 5nm lain yang ada, namun kemungkinan besar tidak akan lebih cepat dari pada chip Apple tersebut. 

Set pertama dari tes benchmark dan kinerja iPhone 12 yang membuktikan betapa cepatnya iPhone baru ini dibandingkan dengan pesaingnya, Android. Tes tersebut juga menunjukkan bahwa hal peringkat berikutnya bahkan bukan ditempati oleh perangkat Android. Ponsel iPhone 11 mendapatkan skor lebih tinggi dari Android dalam tes benchmark tersebut dan lebih cepat dalam berbagai tes penggunaan kehidupan nyata. Bahkan, iPhone 11 Pro Max mampu mengungguli iPhone 12 Pro dalam pengujian yang meniru performa gaming. 


YouTuber Austin Evans menjalankan tes benchmark yang sama pada iPhone 12 Pro, iPhone 11 Pro, Note 20 Ultra, dan Google Pixel 5. Tidak mengherankan, ini bukan kontes antara iPhone 12 dan Android. Bahkan Note 20 Ultra tidak dapat menandingi kekuatan iPhone 12 Pro (atau iPhone 11 Pro) dalam tes benchmark tersebut. Pixel 5 masih di luar jangkauannya. Ponsel ini tidak menggunakan chip Snapdragon 865 yang sama dengan Note 20 Ultra - dan Ultra mendapatkan versi "Plus" dari 865. Google mengambil rute yang berbeda tahun ini, memilih Snapdragon 765 kelas menengah untuk andalan Pixel-nya.

IPhone 12 Pro mampu mengungguli handset Android di Geekbench 5, JetStream 2, dan 3DMark. Yang lebih mengejutkan adalah iPhone 11 Pro bernasib lebih baik dalam tes grafis 3DMark daripada iPhone 12 Pro. Hal tersebut konsisten dengan temuan sebelumnya yang mengatakan bahwa prosesor tahun lalu akan mendapat skor lebih baik dalam tes benchmark khusus ini. Evans memang menunjukkan bahwa iPhone 12 menawarkan pengalaman dan frekuensi gambar yang lebih konsisten dalam 3DMark. Pengoptimalan lebih lanjut dapat meningkatkan pengalaman grafis iPhone 12 di masa yang akan datang.

Evans pun melakukan tes grafis yang lebih lama untuk mensimulasikan sesi permainan dan menemukan bahwa iPhone menjadi jauh lebih panas daripada handset Android. Note 20 Ultra lebih keren saat disentuh daripada iPhone 12 Pro dan iPhone 11 Pro. Dan Pixel 5 adalah yang paling keren, menurut pengukuran Evans. Tes ketahanan yang sama juga menunjukkan bahwa iPhone akan memperlambat kinerja chip saat semakin panas. Chip Qualcomm tidak perlu melakukan throttle sebanyak itu.

Intinya, pada hasil akhir iPhone 12 akan memberikan kinerja yang luar biasa, terlepas dari tugas yang diberikannya. Tidak ada ponsel Android yang dapat bermimpi untuk menyamai iPhone 11 Pro, apalagi seri iPhone 12. 

Jadi kamu pilih mana? Iphone atau Android?

Post a Comment

0 Comments